Cara Meratakan Perut Buncit

tips-meratakan-perut-buncitPerut buncit atau gendut tidak hanya mengurangi penampilan seseorang, tetapi juga tidak baik bagi kesehatan. Seseorang yang mempunyai perut buncit mudah mengalami tekanan darah tinggi, diabetes melitus, penyakit jantung koroner, dan gangguan kesehatan lainnya.

Kendati sudah sering dibicarakan bagaimana cara meratakan perut buncit, namun metodenya masih belum tepat. Yang terbaik adalah secara bertahap supaya risiko terkena penyakit pun berkurang. Caranya dengan berolahraga aerobik, seperti jalan kaki atau jogging bagi yang usianya masih di bawah 50 tahun, bersepeda, bersepeda stasioner, dan senam aerobik.

Semua latihan aerobik tersebut dikombinasikan dengan latihan beban dan dilakukan secara teratur. Selain itu, selipkan pula latihan-latihan seperti yang akan dibahas di bawah ini. Lakukan latihan sebanyak 3 kali dalam seminggu pada hari-hari yang tidak berturutan.

  1. Duduklah di lantai dengan kedua lutut dibengkokkan dan kedua kaki terletak datar di lantai. Tahanlah kedua lengan lurus di depan, sejajar dengan lantai.
    Gerakkan otot-otot perut, secara perlahan-lahan gerakkan badan ke belakang bawah kurang lebih 100 cm. Pada waktu menarik napas, tahan selama 1 detik. Kemudian keluarkan napas pada waktu bergerak, dan secara perlahan-lahan kembali ke atas. Lakukan gerakan ini sebanyak 8 kali ulangan.
  2. Tidurlah terlentang dengan kedua kaki di udara dan kedua tangan berada di belakang kepala. Silangkan kedua tungkai pada tulang kering.
    Secara perlahan-lahan kontraksikan otot-otot perut pada waktu mengeluarkan napas dan tekankan pinggang ke lantai. Gerakkan panggul dan angkatlah pinggul setinggi 5-10 cm dari lantai. Usahakan badan bagian atas dalam keadaan rileks. Tahan selama 1 detik dan kemudian tariklah napas, sambil secaraa perlahan-lahan menurunkannya. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali ulangan.
  3. Tidurlah telentang dengan kedua lutut dibengkokkan, kedua telapak kaki terletaak datar di lantai. Posisi kedua lengan beradaa di sisi badan.
    Kontraksikan otot-otot perut, pantat dan pinggang, tekankan pada kaki. Angkat pantat, pinggul, serta pinggang dari lantai sambil menarik napas dan membentuk garis lurus dari bahu ke lutut. Jangan mengangkat punggung bagian atas terlalu tinggi dan bahu harus tetap di lantai.
    Angkatlah satu kaki dari lantai dan luruskan kaki tersebut. Tahan selama dua kali bernapas, kemudian turunkan kaki itu. Naikkan kaki yang lain ke atas dan tahan selama dua kali bernapas. Turunkan kaki dan kembali ke posisi awal. Lakukan satu kali saja.
  4. Tidurlah tengkurap dengan kedua kaki keadaan fleks dan disangga oleh jari-jari kaki. Kedua siku tepat di bawah bahu dan kedua lengan bawah serta telapak tangan di atas lantai.
    Kontraksikan otot-otot perut dan pinggang, tekanlah pada lengan bawah saat mengeluarkan napas dan angkatlah pinggul serta kedua kaki dari lantai, sehingga pinggang dan kedua kaki membentuk satu garis lurus. Jangan sampai kepala menunduk ke bawah. Tahan selama 4 pernapasan dan kemudian rileks. Lakukan gerakan ini satu kali saja.

cara-meratakan-perut-buncit
Semoga Bermanfaat.

# Dinukil dan diadopsi dari berbagai sumber oleh sponsor anda

Password Reset

Please enter your e-mail address. You will receive a new password via e-mail.