Jenis Makanan Yang Tidak Baik Bagi Tubuh

nasi-cara-cepat-kurusManusia merupakan makhluk yang paling rumit dan bervariasi dibandingkan makhluk lainnya di planet ini dalam hal komposisi makanan yang dikonsumsi. Akibatnya sistem pencernaan kita menjadi terbiasa mencerna berbagai jenis makanan yang tidak baik bagi tubuh kita. Kita biasanya akan memakan berbagai jenis makanan yang berbau sedap dan lezat tanpa peduli apakah makanan tersebut berbahaya bagi kita atau tidak. Bahkan tanpa disadari bisa jadi makanan tersebut mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh kita. Inilah beberapa makanan yang (ternyata) berbahaya bagi tubuh kita!

  1. Nasi
  2. Nasi memiliki banyak manfaat, terutama nasi merah, namun nasi sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan atau terlalu banyak karena mengandung arsenic dalam jumlah yang tinggi dan sangat berbahaya bagi tubuh kita. Semangkuk nasi seperti pada gambar di atas tidaklah berbahaya, namun jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah besar maka akan berbahaya karena kandungan zat arsenic yang tinggi seringkali dikaitkan dengan pemicu penyakit kanker.

  3. Kentang
  4. Kentang seringkali digunakan sebagai pengganti nasi dan kentang baik untuk tubuh kita. Namun, ketika kita membiarkan kentang terlalu lama tersimpan dan sudah mulai bertunas, sebaiknya kita tidak lagi mengkonsumsi kentang tersebut. Kentang yang sudah mulai bertunas mengandung glycoalkaloid yang beracun. Tak hanya itu, daun dan juga akar dari kentang juga beracun bagi tubuh manusia.

  5. Roti
  6. Banyak roti mengandung potassium bromat yang berbahaya karena merupakan zat karsinogen. Jika bromat berubah menjadi bromida, hal ini tidak berbahaya. Namun jika mereka tidak mengalami senyawa dan tetap sebagai bromat, hal ini tidak baik dan berbahaya karena dapat memicu terjadinya tumor.

  7. Kacang-kacangan
  8. Beberapa jenis kacang seperti almond dan juga kacang mede adalah makanan yang sehat. Namun sebelum kacang-kacang tersebut dikonsumsi, kacang tersebut harus diproses dan juga dipanaskan. Hal ini sangat penting, karena kacang-kacangan yang mentah mengandung sianida.

  9. Biji Buah
  10. Buah-buahan seperti apel, cheri, dan juga buah persik baik untuk kita konsumsi, namun tidak halnya dengan biji buah tersebut. Biji-bijian dari buah tersebut mengandung sianida dan jika kita memakannya dalam jumlah banyak kita dapat mengalami keracunan.

  11. Minyak
  12. Dalam hal ini bukan semua jenis minyak, tetapi minyak jarak. Minyak jarak yang sudah diolah tidaklah berbahaya, namun tetap saja minyak jarak mengandung ricin yang berbahaya dan beracun. Jika kita tidak berhati-hati, mengkonsumsi minyak jarak dapat mengakibatkan kematian.

  13. Susu Pasteurisasi (UHT)
  14. Susu tidaklah beracun, namun casein, protein dalam susu yang sudah diolah dengan suhu yang tinggi dapat berubah bentuk, dan tak dapat dicerna oleh tubuh. Protein susu yang sudah berubah bentuk mengakibatkan terbentuknya lendir di paru-paru dan usus sehingga sulit dicerna tubuh dan mengakibatkan alergi, asma, gangguan kulit dan penyakit lainnya.

  15. Jamur
  16. Jamur seringkali dikatakan sebagai makanan super karena memiliki nutrisi yang besar. Namun ada beberapa jamur yang mengandung racun dan dapat mengakibatkan kematian. Jika Anda hendak memetik sebuah jamur liar dan memakannya, Anda harus memastikan bahwa jamur tersebut aman untuk dikonsumsi.

  17. Cabai
  18. Banyak orang menyukai sedikit rasa pedas di makanan mereka, sehingga mereka tidak dapat makan jika tak ada cabai. Namun apakah Anda tahu, bahwa capsaicin (zat yang membuat cabai terasa pedas) adalah sebuah racun? Capsaicin dapat mengakibatkan rasa terbakar, inflamasi, iritasi kulit, sakit perut dan kematian walaupun hal ini jarang.

  19. Ikan Fugu
  20. Ikan fugu terkenal sebagai bahan makanan yang lezat. Namun hati, usus, dan juga kulitnya sangat berbahaya untuk dimakan karena mengandung racun tetrodotoxin. Memakan daging ikan fugu tidak memiliki efek samping, namun memakan bagian lain dari ikan ini dapat menyebabkan kelumpuhan, bahkan kematian.

  21. Absinthe
  22. Alkohol jenis ini tak hanya mengakibatkan halusinasi, namun juga mengandung Wormwood yang beracun jika kita mencampurnya dengan salah atau meminumnya dalam jumlah yang banyak. Banyak tempat melarang penjualan minuman jenis ini, biasanya karena efek halusinasi yang ditimbulkan.

Oke, semoga artikel di atas dapat menambah pengetahuan Anda.

# Dinukil dan diadopsi dari bppsdmk.depkes.go.id oleh sponsor anda

Password Reset

Please enter your e-mail address. You will receive a new password via e-mail.